Which one the best ? : "Qualcomm Snapdragon VS Mediatek", Mana yang terbaik.

REVIEW GADGET SPESIFIKASI



Dalam memilih smartphone atau tablet biasanya calon pembeli akan membanding-bandingkan beberapa pilihan yang berada pada jangkauan budget mereka. Mulai dari membandingkan kualitas desain, prosesor/CPU, RAM, Memory, kualitas dan fitur kamera, kualitas layar, daya tahan baterai dan lain sebagainya. Tentunya dalam membandingkan berbagai detail spesifikasi ini, calon pembeli akan melihat gadget, baik smartphone atau pun tablet yang sesuai dengan kebutuhan mereka, dan yang pasti sesuai dengan budget yang dimiliki juga.

Berhubungan dengan judul artikel ini, saya akan coba membagi sedikit info mengenai perbedaan yang terdapat pada prosesor/CPU terutama pada Prosesor/CPU dari dua pabrikan ternama Qualcomm dan MediaTek.

Jika ada pertanyaan mana yang terbaik, Qualcomm Snapdragon atau MediaTek?

Maka jawaban yang paling tepat adalah relatif, tergantung dari tipe kedua merek tersebut. Misalnya saja membandingkan Qualcomm Snapdragon 800 quad-core 2,2 GHz dengan MediaTek MT6582 quad-core 1,3 GHz, maka jawabannya sudah pasti Snapdragon 800yang lebih baik.

Jenis pertanyaan lain yang sering mucul adalah, kenapa harga yang cenderung lebih mahal pada smartphone atau tablet yang memiliki prosesor/CPU Qualcomm dibanding MediaTek?

Jawabannya adalah karena Mediatek lebih fokus membuat Chipset Prosesor/CPU dengan banderol murah akan tetapi memiliki kualitas yang bersaing. Jadi, tidaklah heran gadget dengan chipset MediaTek cenderung memiliki harga yang lebih murah, akan tetapi bukan berarti MediaTek tidak dapat bersaing untuk membuat chipset kelas tinggi yang mampu bersaing dengan chipset merek lainnya di kelas yang sama. Seperti halnya chipset MediaTek MT6595m True8core yang disematkan pada smartphone Lenovo Vibe X2, dengan CPU true Octa-core (quad-core 2,0 GHz cortex A-17 + quad-core 1,7 GHz cortexA-7). Smartphone flagship lenovo yang satu ini mampu bersaing dengan smartphone flagship lain yang mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 801 (quad-core 2,5 GHz krait 400) dalam pengujian performa menggunakan aplikasi Antutu 5.0. kedua Chipset ini mampu mencapai score diatas 46000.

Jadi kesimpulannya adalah, kedua vendor raksasa ini sama-sama telah melakukan yang terbaik, hanya saja MediaTek lebih fokus dalam membuat chipset dengan harga yang lebih terjangkau.
Selain Qualcoom dan MediaTek ada pula vendor-vendor lain yang bisa menjadi pilihan, seperti intel yang telah lama berkecimpung di dunia chipset, ada juga Nvidia Tegra, marvell, dan Exynos besutan Samsung.

Pada intinya memilih smartphone atau tablet tidaklah hanya mengenai prosesor/CPU saja, banyak hal-hal lain yang bisa menjadi acuan dalam memilih yang pali tepat dengan kebutuhan anda.

5 Responses to "Which one the best ? : "Qualcomm Snapdragon VS Mediatek", Mana yang terbaik."

  1. Hasil uji nyata setelah pembelian smartpone Qualcomm snpdragon menimbulkan overhating terutama pada seri 810 boleh dibilang Mediatek lebih unggul disamping harganya murah dan terjangkau

    BalasHapus
  2. Hasil uji nyata setelah pembelian smartpone Qualcomm snpdragon menimbulkan overhating terutama pada seri 810 boleh dibilang Mediatek lebih unggul disamping harganya murah dan terjangkau

    BalasHapus
  3. oke ini min, makasih banyak sudah sharing disini .. ini sangat bermanfaat dan nambah pengetahuan

    https://cody.id/produk/power-supply/power-supply-cody-1502d/

    BalasHapus

wdcfawqafwef